You're So Beautiful, Bees-Moths-Butterflies!

Thursday, October 23, 2014
And yes, I didn't regret it. Never.
I really blessed, had a chance for majoring Biology. This is kinda a special gift from Allah that given to me.



Siang kemarin, jadwalku untuk mendapat kelas Entomologi. Dan lagi, aku tak dapat berhenti menakjubi keindahan makhluk ciptaan Allah. Materi siang itu, melalui video, Pak Dosen menjelaskan bagaimana bunga-bunga yang ada di bumi saat ini dapat bermekaran dengan kombinasi warna-warna indahnya, salahsatunya karena adanya peran dari si kurir eksklusif. Serangga. Bees, butterflies, moths, flies. Si kurir eksklusif hanya membutuhkan imbalan tetesan nektar bunga, setelah berjasa membantu penyerbukan untuk bunga-bunga yang dihinggapinya. 
Uniknya, bunga yang bentuknya bermacam-macam, yang letak organ genitalnya pun beraneka ragam, ternyata telah terspesifikasi untuk serangga tertentu pula. Si lebah yang (tak sengaja) memindahkan benang sari yang menempel di bulu punggung atau kakinya yang nantinya benang sari akan terjatuh di putik bunga yang dihinggapi selajutnya.

Pun dengan moth (ngengat). Hummingmoth misalnya yang mempunyai probosis (mulut penghisap) amat jauh lebih panjang daripada panjang tubuhnya sendiri. 

How's butterflies? Probosis kupu-kupu dapat ditekuk/dilipat/digulung dan dapat digerakkan seperti halnya kakinya.

Berada di prodi Biologi selalu membuka mataku untuk mengagumi, untuk mensyukuri betapa indahnya nikmat Allah melalui ciptaan-ciptaan-Nya yang amat menakjubkan. Subhanallah~

No comments:

Powered by Blogger.