[Resensi Novel] FATE

Tuesday, February 21, 2012

Judul : FATE -- New Edition
Penerbit : Authorized Books
Tahun terbit : 2012
Genre : family, romance
ISBN : 978-602-96894-2-6
Harga: Rp. 44.000

FATE merupakan karya ketigabelas penulis berbakat Orizuka. Novel 24 bab ini lahir sekaligus sebagai 'comeback'-nya dalam dunia penulisan fiksi setelah dua tahun hiatus. Novel bertema keluarga dan cinta, ber-setting di dua negara --Indonesia dan Korea-- ini menceritakan tentang dua putra Jang Dae Gwan --namun berbeda ibu-- yang memperebutkan tahta waris dan juga menjalankan wasiat dari Abeoji (:ayah)--Jang Dae Gwan-- yang telah meninggal. Haru bersama kekocakkan kental terasa setiap kali membuka lembar demi lembar novel FATE ini.

Jang Min Ho, putra sulung dan anak kandung Abeoji dari istri yang sah. Hidup berkecukupan di Indonesia bersama keluarga lengkap yang hangat. Jang Min Hwan, putra bungsu, anak dari seorang pelacur, hidup keras dan menderita di Korea bersama ibunya.

Saat Abeoji meninggal, Min Hwan pergi ke Indonesia hanya untuk mendengarkan surat wasiat dari Abeoji. Dendam, sakit hati, dan perih menyelimuti Min Hwan, terlebih saat dirinya menginjakkan kaki lagi di rumah yang menyimpan kenangan pahit baginya. Ditambah lagi isi wasiat Abeoji yang mengharuskanMin Hwan untuk tinggal dan belajar perbisnisan di Indonesia bersama Min Ho. Amat berat bagi Min Hwan tentunya. Menghilangkan rasa canggungnya terhadap Min Ho, memndam rasa sakitnya, hingga harus membiasakan tinggal di negara tropis. Tapi dengan hadirnya anak gadis kepala pelayan sekaligus teman masa kecil mereka, Dena dengan sifat cerianya perlahan mampu melumerkan segala kecanggungan tersebut.

Tapi belum selesai di situ saja. Novel FATE ini memiliki banyak kejutan yang disiapkan penulis untuk pembaca.Nasib-nasib tak terduga terus menjumpai mereka. Di saat dua putra Jang mulai menemukan kehangatan satu sama lain dan bersemangat untuk mendapatkan tahta, nasib pahit kembali menggoyahkan keduanya. Rahasia besar yang disimpan rapat oleh Abeoji selama bertahun-tahun pun terkuak. Kenyataan yang amat kelam, tentang bagaimana status Min Hwan juga ibunya yang sebenarnya. Sangat mengejutkan bagi semua. Terlebih bagi Min Hwan, hingga membuatnya kehilangan harapan dan semangat hidup lalu memutuskan untuk kembali ke Korea. Tak tinggal diam, Dena dan Min Ho terus berupaya keras membawa Min Hwan kembali ke Indonesia. Hingga terpilih siapa yang menjadi penerus tahta Abeoji. Hingga akhirnya, nasib menentukan segalanya.

Alur cerita yang digunakan dalam novel FATE ini adalah alur maju-mundur. Gaya bahasanya mengalir dan ringan. Kekurangan novel ini, menurut saya, mungkin bagi orang yang awam akan bahasa Korea akan mengalami kendala saat membaca naskahnya. Tapi, itu semua teratasi oleh adanya Kamus Mini bahasa Korea di dalamnya, kok;) Dan bagi orang yang suka Korea --seperti saya ini :D-- novel FATE ini, DAEBAK! Dan ada sentuhan K-POP juga, lho. So, novel FATE ini sangat layak untuk dibaca. ^_^ 

No comments:

Powered by Blogger.